Gita Mrdangga Yowana Dewata

hmm… kaya nama Sekehe Teruna ya, hehe

Kata-kata dalam bahasa Sanskerta dalam judul tulisan ini adalah kata-kata yang saya usulkan untuk menjadi tema Dies Natalis XVII Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Kesenian Bali Widyacana Murti Institut Teknologi Telkom yang akan diadakan pada… masih belum tahu, saya kan bukan panitianya, hehe, sekitar semester depan kayanya. Kenapa make bahasa Sanskerta? Hmm.. terinspirasi dari tema-tema Pesta Kesenian Bali yang biasanya make bahasa Sanskerta (atau bahasa Bali kuno? ya gitu dah pokoknya), lagian selama saya kuliah tema Dies UKM Bali pake bahasa Inggris terus.

Trus, apa sih makna dibalik Gita Mrdangga Yowana Dewata? Jadi begini, eh ini makna yang saya bikin berdasarkan pengetahuan saya yang dangkal tentang bahasa Sanskerta lho, jadi kalo secara etimologis maknanya gak bener mohon dimaklumi. Jadi begini, Gita bermakna “nyanyian” dan saya artikan menjadi “seni”. Mrdangga bermakna “kendang” dan saya asosiasikan dengan alat musik tradisional Bali yang menginterpretasikan “budaya”. Yowana bermakna “jiwa muda” dan hal ini saya kaitkan dengan Dies UKM Bali yang memasuki tahun ke 17—usia muda (sweet seventeen) dan anggota UKM Bali semuanya adalah anak muda kecuali Pelatihnya, hehe. Terakhir Dewata, kata ini saya kaitkan dengan Bali yang identik dengan Pulau Dewata.

Jadi, Gita Mrdangga Yowana Dewata kurang lebih saya artikan sebagai “persembahan seni dan budaya oleh jiwa-jiwa muda Pulau Dewata”. Ga tau apakah tema yang saya usulkan ini akan dijadikan sebagai tema resmi Dies XVII oleh panitianya. Oya selain Gita Mrdangga Yowana Dewata saya juga ngusulin satu tema lagi buat Dies XVII yaitu : “…like the flower in the garden“, hehe dan tema yang satu ini tidak bermakna apa-apa 😀

6 thoughts on “Gita Mrdangga Yowana Dewata”

  1. Ehh UKM Bali? emangnya Mas, Bli, Abang, Brother ini kuliah dimana? Bukan di Balikah?

    Tapi keren tuh nama.

    Kalo boleh usul, kegiatannya bikin yg memix antara tradisi dan teknologi….
    Isu yang bagus tuh.. karena banyak selentingan sekarang kalo Bali bukan lagi pulau yang berbudaya.
    Tapi sudah tergerus arus jaman dan teknologi.. Kehilangan ciri khas dan keramahannya..

    Nah buktikan kalo itu tidak benar Semeton!!! ^_^

  2. bah..
    ada toh artinya.
    padahal banyak yg setuju ama tema ne nes.
    tapi berubung pada ga ada yg tau artinya,dihapus dari kandidat.
    dkirain cm asal pasang bahasa sansekerta aja.
    huahua..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *