Happy Deepavali

gambar ini dipinjem dari Jemima’s Journal

At first, Happy Deepavali buat semua yang ngerayain.. Saya sendiri belum pernah ngerayain yang namanya Deepavali atau yang sering juga disebut Deevali, dan gak tau gimana sih perayaan Deevali itu sendiri. Paling juga saya taunya kalo pada saat Deevali itu semua orang pada nyalain lampu, lentera, pokoknya berterang-terang ria lah, image itu yang saya dapet dari film-film India yang suka ditonton sama ibu dan adik saya di rumah.

Hari ini adalah perayaan Deevali, saya taunya dari informasi yang ditulis bli Ketut Adi C di milis KMH Saraswati, Deevali dirayakan setiap Tilem pada bulan Kartika (pada kalender Caka versi India), atau pada sasih Kapat versi Kalender Bali. Menurut info yang saya dapet dari Wikipedia, Deevali adalah hari libur (holiday) bagi sebagian besar masyarakat India.

Ada beberapa cerita yang mendasari perayaan Deevali :

  1. Penyambutan atas pulangnya Shri Rama bersama istrinya, Sita, dan adiknya, Laksmana, ke Ayodhya dari perang melawan Rahwana di Alengka. Seluruh rakyat menyalakan lampu, lentera, lilin dan semua jenis penerangan sebagai tanda sukacita atas kembalinya Shri Rama ke Ayodhya setelah masa pengasingan selama 14 tahun. Mungkin selain sebagai tanda sukacita, lampu-lampu yang dinyalakan rakyat pada waktu itu juga berfungsi sebagai penerang jalan bagi Shri Rama menuju ke Ayodhya, kan lagi Tilem jadi jalanan pada gelap (CMIIW).
  2. Perayaan moment saat Shri Krishna berhasil mengalahkan raksasa Narakasura. Mmm… saya kurang tau nih cerita yang ini, maaf.
  3. Perayaan kelahiran Dewi Laksmi, menurut bli Ketut Adi C, untuk memperingati Deevali kita sebaiknya membersihkan rumah, pel sampai bersih, lalu pada malam harinya nyalakan semua lampu dan lilin, buat rumah jadi seterang mungkin agar Dewi Laksmi dapat melihat rumah kita dan kemudian berkunjung untuk memberikan kesejahteraan.

Saya juga mau bersih-bersih ah, trus sembahyang, semoga Dewi Laksmi memberi anugrah biar lancar ntar siang jawab UTS Keamanan Sistem, swaha…

Last words, Happy Deevali buat semuanya….

10 thoughts on “Happy Deepavali”

  1. Om swastiastu..

    Iya.. Temen”ku anak” bali gak ada yg ngrayain tuh..
    Aku tanya malah ditanya balik apa itu..
    Hehehe..

    Tp.. Matur suksma bwt informasinya..

    Regards,
    MuMu

  2. hhmmm thx komentarnya… umat Hindu di Bali (Indonesia) emang jarang banget yang ngerayain Deevali, paling cuma yang keturunan India yang ngerayain… setau saya Deevali banyak dirayakan negara-negara yang banyak keturunan Indianya, di India pastilah dirayain…
    🙂

  3. Namaste,
    sejak bbrp tahun yg lalu, Deevali mulai dirayain dibali kok. saya sempat bbrp kali menghadirinya. syg skrg ga tinggal dibali, jd ga smpt menghadirinya. waktu saya kuliah di IT Telkom, saya dengan bbrp teman (Bali, Jawa & India) juga rutin merayakan. kalo ada teman-teman yg ingin menghadirinya bisa contact sy (di 081944122603 atau ym agusdwiputra@yahoo.com) untuk info almtnya.
    ramalan Kejayaan Hindu (sadhana bhakti based on Veda-red) diawal Kali Yuga pasti terwujud.

    Om Tat Sat.

  4. kenapa orang hindu bali gak ngerayain ya..?? apa mungkin karena ini bukan adat bali ? kalau dirayaain orang bali apa salah ?

    knapa..??? lets ajegkan bali, tingkatkan spiritualisme dengan budaya yang kita anut, karena itu lebih mulia dari dharma manapun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *